Tuesday, December 30, 2014

TUGAS SOFTSKILL RINGKASAN JURNAL

BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DALAM MANCAPAI MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN  PADA SEKOLAH DASAR NEGERI

Ningtyas Vigi K

SI Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya


      Keefektifan sebuah sekolah sangat di warnai oleh perilaku Sumber Daya Manusianya. Manusia adalah sumber daya yang umum bagi semua organisasi yaitu sekolah. Organisasi sekolah yang baik dan unggul terbentuk dari budaya iklim sekolah itu sendiri. Budaya sekolah sangat berpengaruh terhadap mutu pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri, baik atau tidaknya iklim yang disertai budaya sekolah tegantung pada timbal balik perilaku individu didalam sekolah tersebut yang akan mencapai keefektifan mutu sekolah itu sendiri.

Kata kunci : budaya,perilaku, mutu, kepemimpinan.


      Budaya merupakan nilai – nilai dan kebiasaan yang diterima sebagai acuan bersama yang diikuti dan dihormati. Didalam organisasi, kebiasaan ini menjadi budaya kerja sumber daya manusia didalam organisasi, dan sering dinamakan budaya organisasi. Didalam era yang semakin kompetitif ini, budaya organisasi berkembang sesuai perkembangan lingkungan. Budaya organisasi pada setiap sekolah – sekolah kota  sangat berbeda –beda. Budaya organisasi memiliki ciri – ciri yang stabil dan tetap, yang cenderung membuat budaya tersebut sangat kebal terhadap perubahan. Di dalam organisasi pendidikan cenderung membentuk budaya yang akan di pakai sebagai dasar pijakan mutu organisasi pelayanan pendidikan. Hal yang dilakukan orang dalam organisasi mencerminkan perilaku pemimpinnya. organisasi sekolah tergantung pada lingkungan dan perkembangan zaman sehingga banyal yang akan berkontradisi, maka organisasi sekolah terlebih pada Sekolah Dasar Negeri Kota  harus lebih menyesuaikan diri terhadap perubahan – perubahan dalam lingkungannya agar supaya tetap hidup dan mendapatkan sebuah keuntungan bagi sekolah itu sendiri. Pada kenyataannya, pelanggan pendidikan  maupun non pendidikan masa ini hidup dengan di pengaruhi oleh organisasi, sehingga sebagian besar individu didalam kehidupannya menghabiskan waktu sebagai anggota organisasi kerja, sekolah, sosial, negara, gereja, maupun masjid. Kebutuhan dan hasil produktivitas pelanggan internal dan eksternal pendidikan berbeda sekali. Didalam Total Quality Management, salah satu tujuan TQM adalah untuk merubah institusi yang mengoperasikannya menjadi sebuah tim yang ikhlas, tanpa konflikn dan kompetensi internal, untuk meraih sebuah tujuan tunggal, yaitu memuaskan pelanggan. Kepemimpinan sekolah yang dilakukan oleh seorang pemimpin menjadi pertimbangan yang penting dalam mencapai mutu yang unggul. Pemimpin harus menciptakan rasa kekeluargaan diantara para pelajar, orangtua, guru, dan staf dalam organisasi sekolah, Ketulusan, kesabaran, semangat, intensitas, dan antusiasme.

perilaku pemimpin ada dua hal yaitu perilaku mengarahkan dan perilaku mendukung.

kesimpulan

      Di dalam organisasi pendidikan tidak lepas dari perilaku organisasi itu sendiri. Karena perilaku organisasi cenderung membentuk budaya yang akan di pakai sebagai dasar pijakan mutu organisasi yaitu mutu pelayanan pendidikan. Perilaku merupakan cermin budaya dan kepemimpinan. Hal yang dilakukan orang dalam organisasi mencerminkan budaya organisasi. Hal yang dilakukan orang dalam organisasi mencerminkan perilaku pemimpinnya.


SUMBER


http://ningtyasmpa.wordpress.com/2012/06/01/jurnal-budaya-organisasi/


No comments:

Post a Comment