AUGMENTED
REALITY
Augmented Reality atau sering disebut realitas tertambah adalah
teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke
dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya
tersebut dalam waktu nyata. Menurut Ronald Azuma pada tahun 1997, Augmented
Reality adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif
secara real time, dan merupakan animasi 3D. Sebagai contoh, adalah saat stasiun
televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola, terdapat objek virtual, tentang
skor pertandingan yang sedang berlangsung. Benda-benda maya akan memberikan
informasi yang tak mungkin dapat dapat ditangkap oleh indra manusia
penggunanya. Ini sangat cocok sebagai alat yang dapat membantu persepsi dan
interaksi oleh pengguna pada dunia nyata. Semua indera, termasuk pendengaran,
sentuhan, dan penciuman dapat mengaplikasikan teknologi realitas tertambah ini.
Beberapa bidang telah menggunakan realitas tertambah ini adalah bidang seperti
kesehatan (kedokteran), latihan militer, industri manufaktur, consumer design,
engineering design dan banyak lagi bahkan banyak orang menggunakan pada
perngkat-perangkatnya seperti telepon
genggam telah mengapliksikannya. Di Indonesia realitas tertanam ini sangatlah
berkembang pesat (cepat sekali), contohnya saja telah banyak aplikasi yang
menggunakan realitas tertanam. Ini merupakan sebuah terobosan yang sangat
canggih dibidang teknologi. Semua hal abstrack atau virtual dapat diolah
menjadi kelihatan atau nyata dengan bantuan teknologi ini. Pemanfaatan pengembangan
teknologi dalam berbagai hal: Augmented Reality Interactive Games, Augmented
Reality Presentation, Augmented Reality Event, Augmented Reality High Tech
Environment, Augmented Reality Website, Augmented Reality Promotion. Terdapat beberapa
jenis maker: maker frame, maker split, maker dot, maker datamatrix (iso /
iec16022), id maker ( simple id dan bch), maker template. Sebuah pendeteksian
maker dibutuhkan oleh realitas tertanam untuk dapat menyajikan informasi benar
dan tepat. Sistem perlu tahu dimana penggunanya dan apa yang pengguna cari.
Biasanya, pengguna mengeksplorasi lingkungan melalui layar yang menggambarkan
gambar dari kamera bersama dengan informasi yang dimunculkan. Jadi dalam hal
ini, sistem perlu menentukan lokasi dan orientasi kamera lewat kaliberasi
kamera, kemudian mampu memunculkan benda – benda virtual tepat ditempat yang
benar. Contoh jenis maker:
maker
frame adalah Kekuatan pelacakan penandaan marker sebagian besar terletak pada
bingkai hitam yang terlihat seperti gambar disamping. Didalam binkai hitam
tersebut dapat diisi dengan sesuatu gambar dan itu tidak akan mengganggu
pendeteksian markernya.
maker
split adalah pendeteksian terletak pada dua barcode yang terpisah atas dan
bawah, yang selanjutnya mengurangi wilayah jarak barcode tersebut untuk
mendefinisikan area marker.
maker
dot adalah sebuah titik titik hitam yang berfungsi sebagai titik acuan untuk
pelacakan marker.
Maker
datamatrix adalah sebuah standar ISO untuk 2D barcode. Studierstube Tracker
mendukung penanda dengan pola DataMatrix tertanam. Oleh karena itu, marker
dapat menyimpan sejumlah besar biner (misalnya model 3D sederhana) atau teks
(misalnya URL) data.
Id maker
Kesimpulan aplikasi ini
sangat menarik untuk dipelari oleh semua orang yang berminat mengembangkan
bisnis mereka dikarenakan sangat membantu dalam segi mempresentasikan atau
memamerkan barang, benda atau sebuah karya seperti design rumah atau gedung
perkantoran agar lebih menarik peminat. Keuntungannya adalah sebuah benda atau
sebagainya yang bersifat abstrack kita dapat mengolahnya agar sperti tampak
nyata atau real, jadi para pelaku bisnis dapat lebih ringan dalam melakukan
presentasi atau pameran dengan tidak usah membawa contoh asli(nyata) untuk
barang dan miniatur rumah atau perkantoran cukup menggunakan teknologi ini dapat
membantu anda.
REFERENSI
http://augmentedrealityindonesia.com/
REFERENSI
http://augmentedrealityindonesia.com/
No comments:
Post a Comment