Monday, November 23, 2015

AUGMENTED REALITY

AUGMENTED REALITY
Augmented Reality Mobile Games
            Augmented Reality atau sering disebut realitas tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Menurut Ronald Azuma pada tahun 1997, Augmented Reality adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time, dan merupakan animasi 3D. Sebagai contoh, adalah saat stasiun televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola, terdapat objek virtual, tentang skor pertandingan yang sedang berlangsung. Benda-benda maya akan memberikan informasi yang tak mungkin dapat dapat ditangkap oleh indra manusia penggunanya. Ini sangat cocok sebagai alat yang dapat membantu persepsi dan interaksi oleh pengguna pada dunia nyata. Semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman dapat mengaplikasikan teknologi realitas tertambah ini. Beberapa bidang telah menggunakan realitas tertambah ini adalah bidang seperti kesehatan (kedokteran), latihan militer, industri manufaktur, consumer design, engineering design dan banyak lagi bahkan banyak orang menggunakan pada perngkat-perangkatnya seperti  telepon genggam telah mengapliksikannya. Di Indonesia realitas tertanam ini sangatlah berkembang pesat (cepat sekali), contohnya saja telah banyak aplikasi yang menggunakan realitas tertanam. Ini merupakan sebuah terobosan yang sangat canggih dibidang teknologi. Semua hal abstrack atau virtual dapat diolah menjadi kelihatan atau nyata dengan bantuan teknologi ini. Pemanfaatan pengembangan teknologi dalam berbagai hal: Augmented Reality Interactive Games, Augmented Reality Presentation, Augmented Reality Event, Augmented Reality High Tech Environment, Augmented Reality Website, Augmented Reality Promotion. Terdapat beberapa jenis maker: maker frame, maker split, maker dot, maker datamatrix (iso / iec16022), id maker ( simple id dan bch), maker template. Sebuah pendeteksian maker dibutuhkan oleh realitas tertanam untuk dapat menyajikan informasi benar dan tepat. Sistem perlu tahu dimana penggunanya dan apa yang pengguna cari. Biasanya, pengguna mengeksplorasi lingkungan melalui layar yang menggambarkan gambar dari kamera bersama dengan informasi yang dimunculkan. Jadi dalam hal ini, sistem perlu menentukan lokasi dan orientasi kamera lewat kaliberasi kamera, kemudian mampu memunculkan benda – benda virtual tepat ditempat yang benar. Contoh jenis maker:
techniques_framemaker frame adalah Kekuatan pelacakan penandaan marker sebagian besar terletak pada bingkai hitam yang terlihat seperti gambar disamping. Didalam binkai hitam tersebut dapat diisi dengan sesuatu gambar dan itu tidak akan mengganggu pendeteksian markernya.
techniques_splitmaker split adalah pendeteksian terletak pada dua barcode yang terpisah atas dan bawah, yang selanjutnya mengurangi wilayah jarak barcode tersebut untuk mendefinisikan area marker.
techniques_gridmaker dot adalah sebuah titik titik hitam yang berfungsi sebagai titik acuan untuk pelacakan marker.




Maker datamatrix adalah sebuah standar ISO untuk 2D barcode. Studierstube Tracker mendukung penanda dengan pola DataMatrix tertanam. Oleh karena itu, marker dapat menyimpan sejumlah besar biner (misalnya model 3D sederhana) atau teks (misalnya URL) data.



Id maker


Kesimpulan aplikasi ini sangat menarik untuk dipelari oleh semua orang yang berminat mengembangkan bisnis mereka dikarenakan sangat membantu dalam segi mempresentasikan atau memamerkan barang, benda atau sebuah karya seperti design rumah atau gedung perkantoran agar lebih menarik peminat. Keuntungannya adalah sebuah benda atau sebagainya yang bersifat abstrack kita dapat mengolahnya agar sperti tampak nyata atau real, jadi para pelaku bisnis dapat lebih ringan dalam melakukan presentasi atau pameran dengan tidak usah membawa contoh asli(nyata) untuk barang dan miniatur rumah atau perkantoran cukup menggunakan teknologi ini dapat membantu anda.

REFERENSI

http://augmentedrealityindonesia.com/

No comments:

Post a Comment